6 Hal Yang Perlu Diperhatikan, Apakah Lebih Baik Membeli Rumah atau Sewa Rumah?

12 April 2022

Dengan semakin tingginya harga rumah dari tahun ke tahun, kepemilikan rumah kemungkinan tidak dapat dijangkau oleh beberapa orang, termasuk para milenial. Sementara, ongkos sewa atau biaya kontrak pun ternyata naik.

Sehingga, sobatidkos mesti tahu baiknya apakah harus beli rumah atau menyewa? Berikut beberapa faktor yang perlu diperhatikan dan menjadi pertimbangan untuk membantu sobatidkos dalam memutuskan apakah harus membeli rumah ataukah menyewa.

Pilih keputusan berdasarkan situasi, kondisi dan keperluan pribadi kamu

Menurut riset, Harga rumah naik 19,2% dari tahun ke tahun pada bulan Januari. Sementara, rumah sewa keluarga naik menjadi 12,6% pada Januari dari 12%. Bila kamu belum yakin apa lamu baiknya harus menyewa atau membeli rumah, baiknya kamu buat keputusan berdasarkan situasi, kondisi dan keperluan pribadi kamu.

Baca Juga: 5 Konsep Desain Kos-Kosan Sederhana Terbaik di Tahun 2022

Lihat dari faktor keterjangkauan

Desain rumah yang bagus merupakan impian setiap orang, tetapi kualitas desain rumah akan sebanding dengan harga rumah tersebut. Hal itu akan tergantung pada keadaan keuangan masing-masing keluarga. Yang jelas, keterjangkauan ialah permasalahan untuk beberapa orang. Harga rumah yang tinggi dan ketakmampuan untuk bayar uang muka dan/atau ongkos penutupan jadi masalah konsumen.

Pertimbangan dari segi waktu

Sebelum kamu menimbang untuk membeli, pikirkan dimana kamu akan tinggal dalam beberapa waktu ke depan. Apa kamu ingin tinggal pada sebuah tempat untuk beberapa waktu atau kamu akan berpindah dalam sekian tahun?

Secara umum, diperlukan sekitaran 5 s/d 7 tahun dalam suatu rumah untuk menutupi biaya pembelian. Bila keperluan rumah kamu akan cukup stabil dan cukup konstan sepanjang sekian tahun di depan, kemungkinan moemen yang pas untuk membeli rumah. Jika tidak, kamu kemungkinan perlu mempertimbangkan untuk menyewa hingga kamu mempunyai fleksibilitas untuk berpindah.

Periksa keuangan keluarga

Apa kamu siap secara keuangan untuk mempunyai rumah? Termasuk mempunyai tabungan genting yang cukup bila terjadi suatu hal di tahun awal pemilikan rumah kamu. Kamu harus juga mempunyai pendapatan bulanan yang cukup buat bayar pajak dan asuransi, dan ongkos bulanan tambahan seperti utilitas.

Check laporan credit Kamu, karena nilai credit Kamu mempunyai tingkat bunga yang kemungkinan kamu bayar. Bila kamu merasa ada kekeliruan, perbaiki segera sebelum kamu ajukan utang.

Baca Juga: Cara Mencari Kost Terdekat yang Strategis dengan Mudah

Tingkatkan penghasilan atau hemat

Bila kamu tidak sanggup bayar angsuran bulanan, baiknya sewa dan simpan uang kamu sampai cukup untuk membeli rumah. Bila sewa yang tinggi membuat kamu susah untuk menabung, pikirkan untuk kurangi atau mengubah pola hidup yang boros hingga kamu mulai dapat menyisihkan uang semakin banyak.

Ketahui kemampuan kamu

Cari tahu apakah kamu sanggup bila membeli rumah saat ini karena harga rumah semakin naik. Dengan langkah ini, kamu mempunyai batasan dalam pengelolaan uang. Keadaan yang tidak kamu harapkan ialah jatuh hati pada suatu rumah kemudian kamu mengkreditnya dan harus berpikir bagaimanakah cara melunasinya.

Suatu keputusan yang tepat bila kamu sekarang ini membeli rumah, kemungkinan lebih bagus melakukan saat ini sebelum biaya dan harganya naik. Namun, tidak boleh terjerat dalam FOMO atau takut ketinggal. 

Sekian ulasan mengenai 6 Hal Yang Perlu Diperhatikan, Apakah Lebih Baik Membeli Rumah atau Sewa Rumah?, semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Contoh Desain Kos-Kosan Ukuran Kecil

Rekomendasi Kost

Berita Terkait