Cara Membuat Roti Pisang yang Enak dan Lembut

31 Juli 2022

Buah pisang diketahui bisa dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi makanan atau minuman beraneka rasa, salah satunya adalah roti pisang yang akan kita bahas dalam artikel berikut ini mengenai cara buat roti pisang yang lembut dan lezat. 

Buah pisang menjadi salah satu jenis buah yang favorit dan bisa dengan mudah diperoleh di Indonesia. Buah yang memiliki ciri khas kulit berwarna kuning ini mempunyai rasa yang lezat sekaligus manis untuk disantap.

Cara Membuat Roti Pisang Beraneka Rasa

Salah satu jenis camilan yang banyak ditemukan di berbagai toko roti atau cemilan karena memang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Roti pisang umumnya dibuat dengan memberikan bahan tambahan buah pisang bersama bahan pembuat roti yang lainnya sehingga bisa menjadi sebuah adonan roti yang lezat serta mempunyai aroma roti yang sangat khas.

Baca Juga: Jenis Pidato, Ciri dan Contoh Pidato yang Baik

Selain dicampurkan dalam bentuk sudah dilumatkan, buah pisang juga banyak dijadikan toping atau isian pada cara buat roti pisang yang memiliki rasa legit sekaligus manis seperti untuk pembuatan roti pisang bolen. 

Roti pisang banyak menjadi pilihan camilan masyarakat berbagai kalangan karena bisa menjadi makanan pengganjal perut ketika merasa lapar sementara waktu makan besar masih cukup jauh jedanya.

Jika Anda mencari roti pisang maka akan bisa ditemukan dengan sangat mudah karena bentuknya yang klasik dan menjadi ciri khas tersendiri.

Mempunyai isian berupa pisang dalam bentuk utuh, roti ini juga banyak diberikan isian coklat hingga topping keju parut yang membuat cita rasanya menggoda. 

Roti ini mempunyai warna roti yang terlihat coklat mengkilap sehingga membuat tampilannya semakin menggugah selera.

Baca Juga: 10 Situs Legal Menonton Film Terbaru 2023 

Untuk Anda yang sedang menginginkan roti pisang maka bisa membuatnya sendiri di rumah karena cara pembuatannya sangat mudah dilakukan dengan bahan sederhana sekaligus tak membutuhkan alat khusus. 

Selain menggunakan bahan roti yang umum dipakai, Anda juga bisa menggunakan bahan roti yang lainnya sehingga bisa membuat roti pisang dengan cita rasa dan kreasi baru. Berikut ini adalah beberapa resep cara buat roti pisang yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. 

1. Roti pisang goreng

Adalah sebuah resep roti pisang yang dimasak dengan cara menggorengnya di dalam minyak hingga terlihat berwarna kecoklatan.

Cara memasak roti pisang ini banyak dilakukan oleh para pembuat jajanan karena bisa dilakukan oleh siapa saja serta tak membutuhkan alat masak khusus seperti oven atau mixer dalam pembuatan roti pisangnya. 

Baca Juga: Tips Melamar Lowongan Kerja Terdekat Untuk Jobseeker 

Roti pisang yang digoreng ini biasanya bisa tahan beberapa hari dalam suhu ruang, namun tetap saja tak bisa bertahan lama seperti roti pisang yang dipanggang. 

Adapun bahan untuk cara buat roti pisang goreng ini adalah sebagai berikut:

• Tepung terigu 500 gram
• Air bersuhu hangat suam kuku 220 ml
• Mentega 50 gram
• Telur ayam 2 butir
• Ragi instan bubuk 1 bungkus
• Pisang tanduk secukupnya
• Minyak goreng secukupnya
• Coklat meses atau keju parut untuk topping 

Baca Juga: 5 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark

Cara membuat roti pisang goreng adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan sebuah baskom bersih kemudian masukkan tepung terigu, telur, air hangat, ragi dan tepung. 
  2. Kemudian uleni adonan hingga menjadi adonan yang kalis, lentur dan tidak lengket. Anda bisa menguleni adonan dengan menggunakan mikser atau tangan sesuai kebutuhan. 
  3. Diamkan adonan dengan ditutup kain lap basah atau plastik wrap kurang lebih 30 menit hingga adonan mengembang naik. 
  4. Uleni kembali adonan kemudian diamkan kembali beberapa saat sampai mengembang naik lagi. 
  5. Bagi adonan dalam bentuk ukuran kecil-kecil, kemudian pipihkan dan bentuk memanjang. Letakkan adonan tersebut kemudian beri isian pisang tanduk yang sudah dipotong memanjang. Tutup dengan adonan roti dengan cara dililitkan atau dibentuk kepang sesuai selera Anda. 
  6. Goreng adonan yang sudah siap dalam minyak goreng panas. Pastikan adonan terendam minyak secara keseluruhan sehingga roti pisang benar-benar matang. Roti pisang goreng yang sudah matang biasanya berwarna coklat keemasan. 
  7. Sajikan saat roti goreng masih hangat. Anda juga bisa memberikan taburan gula bubuk jika merasa roti goreng terasa kurang manis. Demikian cara buat roti pisang yang digoreng. 

Baca Juga: Cara Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang Terbaru 

2. Resep roti pisang kukus

Roti atau bolu pisang kukus menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal dan favorit di kalangan masyarakat umum. Roti pisang yang dimasak dengan cara dikukus ini memiliki rasa khas pisang yang legit dan lezat untuk disantap.

Banyak masyarakat yang menyajikannya dalam acara hajatan karena mudah untuk dibuat dan memiliki bahan yang murah meriah. 

Bolu pisang kukus ini juga banyak dibuat oleh masyarakat Indonesia ketika merayakan hari besar agama. Mereka menyiapkan makanan khusus untuk menyambut keluarga yang pulang mudik sehingga menambah rasa hangat serta bahagia ketika berkumpul bersama. 

Bahan yang dibutuhkan untuk cara buat roti pisang kukus adalah sebagai berikut:

• Pisang yang sudah dihaluskan 200 gram
• Tepung terigu 125 gram
• Telur ayam 2 butir
• Gula pasir 100 gram
• Minyak goreng 50 ml
• Baking powder 1/2 sdt
• Vanili 1/4 sdt
• Garam secukupnya
• Pisang dan kismis untuk topping

Baca Juga: Tips Mencari Kost Bandung dengan Mudah dan Terpercaya

Cara membuat roti pisang kukus:

  1. Ambil beberapa buah pisang kemudian haluskan hingga lembut, sisihkan. 
  2. Ambil wadah baskom bersih, tuang gula dan telur lalu aduk dengan menggunakan whisk hingga gula terlihat larut. Kemudian tuang tepung terigu, baking powder dan vanili. 
  3. Dalam cara buat roti pisang kukus ini sebaiknya tepung terigu sebaiknya dituang sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur, sambil terus diaduk agar supaya adonan tidak menggumpal. 
  4. Kemudian tuang minyak goreng ke dalamnya lalu aduk hingga merata. Masukkan pisang yang sudah dilumatkan tadi untuk kemudian aduk kembali hingga merata. 
  5. Oles cetakan roti pisang dengan minyak secukupnya hingga merata ke seluruh permukaan. Baru kemudian tuang adonan roti pisang ke dalamnya. 
  6. Jangan lupa untuk memberikan topping taburan kismis dan potongan buah pisang di atas adonan. Kemudian kukus adonan tersebut hingga matang kurang lebih selama 20 menit lalu cek kematangan dengan cara ditusuk dengan menggunakan tusuk sate. 
  7. Jika bolu pisang sudah matang, Anda bisa mengangkatnya kemudian mendinginkan. Potong bolu pisang untuk kemudian menyajikannya. 

3. Resep Roti Pisang Coklat

Kemudian untuk cara buat roti pisang coklat caranya sama dengan cara membuat roti pisang goreng, hanya saja untuk memasaknya dilakukan dengan memanggangnya dengan oven. 
Adapun bahan yang diperlukan diantaranya adalah:

• Tepung terigu 600 gram
• Air bersuhu hangat suam kuku 320 ml
• Mentega 60 gram
• Telur ayam 2 butir
• Ragi instan bubuk 1 bungkus
• Pisang tanduk secukupnya
• Minyak goreng secukupnya
• Coklat meses atau keju parut untuk topping 

Baca Juga: Tips Cari Kost Terdekat dari Lokasi Saya 

Resep untuk membuat roti pisang coklat adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan semua bahan kemudian uleni hingga adonan kalis sebagai langkah awal dalam cara buat roti pisang dengan rasa coklat. 
  2. Diamkan adonan kurang lebih 30 menit dengan ditutup menggunakan lap basah atau plastik wrap. Lalu uleni kembali dan diamkan kembali hingga mengembang. 
  3. Potong dan bagi adonan menjadi bentuk kecil untuk kemudian dibilas menjadi bentuk pipih memanjang. Lalu beri isian pisang dan coklat kemudian tutup dengan adonan menggunakan bentuk kepang atau ulir. 
  4. Tata adonan yang sudah siap di dalam cetakan roti pipih dan olesi permukaan setiap adonan dengan putih telur. 
  5. Kemudian siapkan oven panaskan terlebih dahulu, masukkan adonan dalam cetakan untuk dipanggang kurang lebih selama 45 menit. 
  6. Angkat adonan yang sudah matang dengan cara buat roti pisang dengan cek bagian dalam dan permukaan roti pisang terlihat coklat keemasan. 

Tips Membuat Roti Pisang yang Enak, Lembut dan Tahan Lama

Untuk membuat roti pisang yang enak memang cukup mudah, namun beberapa orang mengalami kendala seperti roti pisang yang memiliki tekstur keras dan tak bisa bertahan lama. Padahal ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk cara buat roti pisang yang lembut dan tahan lama. 

Baca Juga: Cara Mencari Kost Eksklusif Bandung

Anda harus bisa memastikan setiap adonan diuleni hingga kalis sehingga bisa mendapatkan adonan roti yang mengembang sempurna, berserat dan memiliki tekstur yang lembut.

Pisang yang akan menjadi isian bisa digoreng dengan margarin terlebih dahulu sehingga terasa matang dan empuk serta memiliki warna kekuningan yang cantik. 

Panaskan dandang sebelum digunakan untuk mengukus atau oven sebelum digunakan untuk memanggang sehingga hasil roti pisang matang sempurna. 

Simpan roti yang sudah dingin ke dalam wadah kedap udara sehingga bisa bertahan lama dan tetap terjaga kelembutannya.

Itulah beberapa tips dan cara buat roti pisang yang berhasil sukses dari idkos.com. Selamat mencoba.

Rekomendasi Kost

Berita Terkait